Rabu, 14 September 2011

Gian Piero Gasperini Pertimbangkan Untuk Ubah Formasi


Menyusul kekalahan 4-3 dari Palermo, Gian Piero Gasperini diminta untuk mengubah strategi dan formasi Inter.

Di laga tersebut, Inter menggunakan formasi 3-4-3. Sedangkan harapan yang ada, formasi Inter diganti dengan lebih menguatkan sektor pertahanan dan tengah.

Presiden klub Massimo Moratti sendiri yang mengungkapkan keinginan tersebut dan berharap sudah ada perubahan kala Inter menghadapi Trabzonspor di Liga Champions.

Supremo Inter tersebut menilai, kekalahan Inter atas Palermo tidak lepas dari strategi yang diimpletasikan oleh sang allenatore. Tapi dengan tegas, Gasperini mengatakan masih mempertimbangkan untuk merubah formula andalannya tersebut jelang laga Liga Champions kontra Trabzonspor di babak penyisihan grup, Kamis (15/9/2011) dinihari besok dan saat menghadapi AS Roma pada akhir pekan nanti.

Namun, Gasperini menjelaskan tidak tertutup kemungkinan, Inter akan memainkan pola permainan seperti yang diminta sang patron dengan menurunkan empat orang bek. Hanya, semuanya masih tentatif tergantung bagaimana lawan bermain.

"Kita lihat saja nanti. Banyak hal yang harus diputuskan tergantung situasi dan lawannya," ujar Gasperini.

"Ada peluang juga untuk bermain dengan empat pemain di belakang, tapi itu juga tergantung bagaimana lawan bermain. Tapi sepertinya tak masuk akal membicarakan tiga atau empat pemain belakang."

"Mudah sekali menyalahkan semuanya pada masalah formasi. Padahal yang kami butuhkan adalah menemukan keseimbangan yang tepat," tandasnya.

Ditambahkan Gasperini, saat ini timnya berusaha untuk memperbaiki apa yang perlu diperbaiki dan melanjutkan apa yang sudah bagus.

Eks-pelatih Genoa itu mengirim garansi, timnya akan berkaca dari kekalahan kontra Palermo di pentas Serie-A akhir pekan lalu, agar kedepannya mereka bisa lebih baik lagi.

“Kami hanya mencoba melakukan semua hal dengan benar dan tetap menjaga permainan. Kami coba menghilangkan kesalahan yang telah kami buat, beberapa diantaranya kesalahan fatal serta mencoba untuk tidak mengulanginya,” ujarnya.

“Kami tidak bekerja dan tidak seimbang, seperti yang telah saya katakan. Namun kami bisa memperbaikinya dan kami akan melakukannya terlepas dari faktor formasi yang tidak berpengaruh, tetapi bukan benar-benar faktor yang menentukan,” Gasperini melanjutkan.

“Setiap orang harus membantu pertahanan. Dan saya selalu mengatakan, dengan kuasa saya, Inter harus fleksibel dengan caranya bermain,” tambah Gasperini mengutarakan filosinya dalam melatih. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar