Selasa, 13 September 2011

Massimo Moratti Ingin Gasperini Ganti Formasi


Inter mengawali kompetisi Serie-A 2011/2012 dengan hasil negatif. I Nerazzurri dipaksa bertekuk lutut dari Palermo dengan skor 4-3.

Menyusul kekalahan 4-3 dari Palermo di pekan pertama Serie-A, Gian Piero Gasperini diharapkan bisa membuat sejumlah perubahan, terutama dalam hal strategi bermain.

Gasperini menggunakan formasi 3-4-3 di laga tersebut dan terbukti Inter jauh lebih menyerang. Namun begitu, pertahanan mereka juga jadi lebih gampang mengalami serangan dan rentan kemasukan.

Kekalahan tersebut rupanya berbuntut panjang. Pelatih Gian Piero Gasperini dipanggil menghadap Presiden Inter, Massimo Moratti dan Direktur Teknik, Marco Branca pada Senin (12/9/2011).

Pemanggilan tersebut untuk membicarakan beberapa rumor yang berkembang. Di samping itu, pada pertemuan tersebut juga dibicarakan masalah taktik Gasperini.

Massimo Moratti berharap ada perubahan terkait hal ini karena presiden Inter itu tidak puas dengan hasil tersebut.

"Terserah pada pelatih untuk memutuskan apakah harus melakukan perubahan atau tidak, tapi saya merasa perubahan harus dilakukan," kata Moratti, Selasa (13/9/2011).

"Kita lihat saja nanti. Saya merasa ada peluang taktik kami akan berubah, tapi kami di sini berbicara mengenai persentase dan mereka tidak ada artinya," tandasnya.

"Kami semua juga kecewa dengan kekalahan tersebut dan demikian juga pelatih. Saya yakin ia akan menjadi orang pertama untuk mencari tahu pentingnya jalan keluar dari hal ini, setidaknya untuk saat ini hingga tim bisa kembali mendapatkan kepercayaan dirinya."

Bukan barang baru lagi bila Gasperini adalah penganut formasi 3-4-3. Namun, skema itu dinilai tidak cocok dengan kebiasaan para pemain Inter. Dalam beberapa tahun belakangan, Inter lebih sering menggunakan strategi 4-3-1-2.

Menurut Football Italia , pada pertemuan tersebut telah tercapai hasil yang memuaskan. Gasperini bersedia untuk mengubah kebiasaannya menggunakan 3-4-3 dan kembali menggunakan formasi yang dipakai Inter 4-3-1-2.

Hasil dari pertemuan itu akan coba direalisasikan pada laga Liga Champions, dimana Inter akan menghadapi Trabzonspor pada Rabu (14/9/2011) besok. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar