Kamis, 15 September 2011

Inter Takluk Dari Trabzonspor


Awan kelabu belum menjauh dari kubu Inter. Kekalahan dari Palermo di kancah Serie-A tak mampu diperbaiki menjadi kemenangan. I Nerazzurri harus menelan pil pahit dalam laga perdananya di Liga Champions musim 2011/2012 setelah dikalahkan Trabzonspor 0-1 di Giuseppe Meazza, Kamis (15/9/2011) dinihari WIB.

Kekalahan dari Palermo pada giornata 2 Serie-A membuat Pelatih Gian Piero Gasperini melakukan transformasi pada skuadnya. Pola 3-4-3 yang semula menjadi idola Gasperini kali ini dubah menjadi 4-3-3.

Di pertandingan ini, pelatih Inter Gian Piero Gasperini menurunkan Wesley Sneijder sebagai starter, sedangkan Diego Milito ditempatkan di bangku cadangan. Gasperini memasukkan nama Giampaolo Pazzini dan Mauro Zarate di starting line-up.

Sedangkan Trabzonspor tidak diperkuat Burak Yilmaz dan Adrian Mierzejewski akibat akumulasi kartu. Trabzonspor mengandalkan Halil Altintop untuk diduetkan dengan Paulo Henrique.

Walau bermain di hadapan publiknya, Inter tidak mudah melakukan tekanan ke pertahanan Trabzonspor. Tim asal Turki ini melakukan perlawanan sengit agar tuan rumah tidak bisa mendapatkan peluang bagus.

Kesempatan emas pertama sempat diraih Giampaolo Pazzini pada menit ke-15. Sayang, umpan matang Wesley Sneijder gagal dimaksimalkan bomber timnas Italia tersebut.

Inter terus menekan, tiga menit berselang aksi Mauro Zarate sempat merepotkan lini belakang Trabzonspor. Namun upaya mencetak gol tetap terkendala lemahnya penyelesaian akhir.

Selepas laga berjalan setengah jam, Inter mulai mendominasi permainan. Pada menit ke-33, Zarate mendapatkan peluang emas untuk membawa Inter unggul, tapi tendangan mendatarnya dapat ditepis kiper Tolga Zengin.

Peluang demi peluang diperoleh Inter sepanjang babak pertama ini, namun tidak satu pun yang bisa dikonversi menjadi gol.

Tim tamu sendiri tak mau ketinggalan. Beberapa percobaan terus dilakukan Trabzonspor. Bahkan, secara keseluruhan penguasaan bola tim asal Turki tersebut tak kalah dibandingkan tuan rumah. Permainan ketat yang diperagakan kedua kubu membuat skor kacamata tetap bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Gasperini coba mengubah taktik. Joel Obi dan Pazzini ditarik keluar. Ricky Alvarez dan Diego Milito dimasukkan dengan harapan bisa menambah kreativitas Inter.

Perubahan tersebut sempat membuat Inter mampu menciptakan beberapa peluang. Termasuk melalui Zarate dan Milito. Namun keduanya masih gagal memanfaatkan kesempatan emas di depan mata.

Permainan Inter dan Trabzonspor tidak mengalami perubahan terlalu signifikan. Nerazzurri tetap melakukan tekanan ke pertahanan Trabzonspor yang bermain cukup solid di laga ini.

Pada menit ke-74, Inter kembali memperoleh peluang emas. Memanfaatkan bola mental hasil sepakan Ricky Alvarez, Milito yang sudah berhadapan satu lawan satu dengan Zengin gagal menyelesaikannya dengan baik, karena bola tendangannya justru mengarah ke kiper Trabzonspor itu.

Selang tiga menit kemudian, pendukung Inter yang memenuhi stadion terbungkam saat Celustka membobol gawang Julio Cesar. Berawal dari bola muntah Altintop, Celustka melepaskan tendangan mendatar dari sudut sempit untuk membawa Trabzonspor unggul 1-0.

Kebobolan lebih dulu membuat skuad Inter kian beringas dalam melancarkan tekanan. Hampir seluruh pemain aktif membantu serangan.

Pada menit ke-89, Yuto Nagatomo melepaskan tendangan keras, namun bisa diblok Zengin. Hingga pluit panjang ditiupkan wasit, skor tidak mengalami perubahan, Trabzonspor mampu mempertahankan keunggulan 1-0.

Dengan kekalahan ini Inter harus menempati posisi juru kunci Grup B. Trabzonspor sendiri mampu memimpin Grup B dengan koleksi nilai 3, disusul CSKA Moskow dan Lille yang berbagi angka imbang 2-2 di Stade Lille Metrople. (*)

FC Internazionale vs Trabzonspor 0-1 (0-0)
Kamis, 15 September 2011, 01.45 WIB
Stadion : Giuseppe Meazza, Milano (24.444)
Wasit : Stefan Johannesson (Swedia)
Gol : Celustka (76)
Kartu Kuning : Nagatomo (21), Zarate (41) - Kacar (29), Alanzinho (54), Cech (66), Altintop (66)

Inter :
Julio Cesar - Jonathan, Lucio, Andrea Ranocchia, Yuto Nagatomo, Javier Zanetti, Esteban Cambiasso, Joel Obi/Ricky Alvarez (55), Wesley Sneijder, Mauro Zarate/Philippe Coutinho (77), Giampaolo Pazzini/Diego Milito (55)
Gian Piero Gasperini

Trabzonspor :
Tolga Zengin - Marek Cech, Arkadiusz Glowacki, Remzi Kacar, Ondrej Celustka, Didier Zokora, Serkan Balci, Alanzinho/Marek Sapara (64), Gustavo Colman, Paulo Henrique/Robert Vittek (74), Halil Altıntop/Aykut Akgun (87)
Senol Gunes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar