Jumat, 26 Agustus 2011

Inilah Alasan Pemain Serie-A Lakukan Aksi Mogok


Belum lagi bergulir, Serie-A musim 2011/2012 kembali dirundung masalah. Ancaman pemogokan Serie-A yang diprakarsai sejumlah pemain nampaknya bukan sekedar gertakan dari para pemain.

Beberapa waktu yang lalu, sejumlah kapten dari 20 tim partisipan Serie-A telah menyepakati nota kesepakatan sikap bersama untuk memboikot pertandingan bila tuntutan mereka tidak dipenuhi.

Gagasan ini pertama kali dipelopori oleh Presiden Asosiasi pemain Serie-A (AIC) Damiano Tomassi. Ultimatum ini dikeluarkan AIC karena sampai batas waktu yang ditentukan, butir kesepakatan antara pemain, klub dan liga belum mencapai kata sepakat.

Dalam pernyataan tulisan tersebut sejumlah kapten tim papan atas Italia seperti Francesco Totti, Alessandro Del Piero, dan Javier Zanetti membubuhkan tanda tangannya sebagai bentuk keprihatinan mereka karena belum tercapainya titik temu antara pemain klub, dan penyelenggara liga.

Dalam surat tersebut tertuang pernyataan bahwa pihak klub dan liga telah mengingkari kesepakatan yang telah ditetapkan pada Desember 2010 lalu oleh Federasi sepakbola Italia (FIGC). “Para pemain Serie-A ingin membuat masyarakat umum mengetahui situasi yang membingungkan mengenai tawar-menawar kontrak kolektif,” tulis surat yang dirilis AIC.

“Kesepakatan yang telah tercapai oleh delegasi AIC dengan Serie-A dan disertifikasi oleh FIGC secara resmi Desember 2010 telah dilanggar oleh klub dengan keputusan yang mengejutkan dan tidak bisa diterima.”

“Sebagai konsekuensinya, dalam periode deregulasi di seluruh dunia tidak dapat diterima dan masalah ini terus berlarut-larut. Ini mengancam hak-hak kami, bahkan bisa menempatkan kontrak kami dalam bahaya. Ini mungkin nampak absurd. Tetapi Italia, sebagai bangsa sepakbola di mana tidak ada norma-norma yang tepat untuk kontrak semua pemain.”

Dalam keterangannya, AIC juga menyebutkan jika nota kesepakatan tidak kunjung mencapai titik temu, maka para pemain akan tetap teguh dengan tekadnya semula, yakni tidak ingin bertanding. Karena itu, AIC meminta penyelenggara Serie-A melunak dengan menetapkan kerja sama tersebut.

“Hingga kini, kami mempertimbangkan bahwa tanpa tanda tangan kontrak kesepakatan kolektif, kami tidak bisa mengawali musim baru. Itulah alasannya, mengapa kami yakin Serie-A akan tetap memegang komitmen mereka dan bersedia menandatangani kontrak yang sudah dibuat oleh asosiasi pemain sejak 30 Mei 2011 silam."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar