Kamis, 25 Agustus 2011

Pekan Pertama Serie-A Hampir Pasti Ditunda


Kick-off giornata pertama Serie-A agaknya hampir dipastikan bakal ditunda. Pasalnya, pembicaraan lanjutan antara asosiasi pemain Serie-A (AIC) dan pihak otoritas Serie-A (Lega Serie-A) kembali menemui jalan buntu.

Lega Serie-A dikabarkan kembali menolak kesepakatan kontrak kolektif yang dituntut oleh AIC. Alhasil, seluruh pemain yang tergabung dalam AIC pun semakin yakin akan menjalankan aksi boikot untuk pekan pertama Serie-A yang sedianya digelar akhir pekan ini.

"Dalam pertemuan terakhir, Lega Serie-A menolak kesepakatan yang diajukan AIC, setelah mengambil suara mayoritas, yakni dari hasil voting 18 berbanding 2," ucap presiden Lega Serie-A, Maruizio Beretta.

Dari hasil voting, hanya dua klub yang sepakat dengan kontrak kolektif yang diajukan AIC, yakni Siena dan Cagliari, sementara 18 klub lain menolak.

Dengan kembali gagalnya pembahasan tersebut, semakin kecil peluang Serie-A akan digelar tepat waktu pada akhir pekan ini. Pihak Lega Serie-A sendiri berharap mengubah dua poin dari kesepakatan kontrak kolektif yang diajukan AIC.

Yang pertama adalah berkaitan dengan Pasal 4, memaksa pemain untuk membayar kontribusi 'pajak solidaritas' bagi mereka yang tidak memiliki klub.

Pasal 7 juga termasuk dalam perubahan yang diinginkan, yakni pemain yang tengah terlibat perselisihan kontrak dengan klub tidak harus dipaksa berlatih secara terpisah dari skuad utama. Pihak klub mengklaim hal tersebut bisa membuat masalah untuk klub dan pelatih.

Kerap gagalnya negosiasi antara kedua pihak membuat FIGC selaku otoritas tertinggi sepak bola Italia mulai prihatin. Sepertinya, FIGC pun akan berupaya melakukan mediasi agar solusi terbaik segera tercapai.

Pada Kamis (25/8/2011) besok, rencananya FIGC akan menggelar pertemuan kembali dengan AIC dan Lega Serie-A. Dalam kasus ini, FIGC agaknya sangat memerhatikan detail ketidaksepahaman antara kedua pihak, termasuk terkait pasal 7.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar