Jumat, 26 Agustus 2011

Pekan Pertama Serie-A Resmi Ditunda


Seperti yang telah diprediksi, Liga Italia Serie-A pekan pertama (Giornata 1) musim 2011/2012 resmi ditunda akibat tak ditemukan solusi antara pihak Asosiasi pemain Serie-A (AIC) dan FIGC.

Demikian yang diungkapkan presiden AIC, Damiano Tommasi dalam jumpa persnya, Jumat (26/8/2011) sore WIB, setelah ia mengadakan diskusi dengan presiden FIGC, Giancarlo Abete.

Rabu lalu, 18 dari 20 klub Italia mendesak pihak klub untuk memenuhi permintaan mereka terkait pembayaran pajak. Sayang, hasil pertemuan AIC dengan pihak Federasi Sepakbola Italia (FIGC) dan Lega Calcio tidak menemukan titik temu. Walhasil, AIC pun menyatakan bakal mogok bermain, sehingga kompetisi pembuka Serie-A yang dijadwalkan akhir pekan ini resmi tertunda.

“Tidak akan ada pertandingan Serie-A akhir pekan ini. Kami sudah mencoba (menemukan solusi) hingga menit terakhir (hari Jumat), tapi sayangnya pembicaraan berakhir sia-sia,” ujar presiden AIC Damiano Tommasi usai mengikuti pertemuan, Jumat (26/8/2011).

Aksi pemogokan ini terpaksa dilakukan AIC karena FIGC dan Lega Calcio enggan menyetujui permintaan mereka terkait kesepakatan kolektif, yakni soal pembayaran pajak. Diketahui, baru-baru ini pemerintah Italia mengumumkan pajak ekstra yang harus dibayar pemain yang mencapai lebih dari 90 ribu euro pertahun.

Inilah salah satu hal yang disebut-sebut membuat proses negosiasi tak juga menemukan titik temu. Seperti diketahui, pangkal permasalahan ini adalah permintaan pemain agar klub menanggung pajak mereka, sementara pihak klub bersikukuh sang pemain harus membayar pajak mereka sendiri.

AIC menolak salah satu butir kesepakatan kolektif yang mengharuskan mereka membayar 'pajak solidaritas', yang ditujukan untuk yang mempunyai gaji besar. Asosiasi pemain juga menolak pasal yang memperbolehkan klub memaksa pemain berlatih terpisah dari tim utama atau menerima keputusan transfer jika sudah tidak diinginkan pelatih.

Untuk mengatasi masalah terkait 'pajak solidaritas', FIGC sesungguhnya sudah menawarkan dana subsidi sebesar US$ 29 juta. Namun asosiasi klub tetap menolaknya.

Dengan pemogokan ini, maka laga pembuka Serie-A yang sedianya digelar Sabtu (27/8/2011) akhir pekan ini dengan menghadirkan dua laga, yakni Siena melawan Fiorentina dan juara bertahan AC Milan kontra Cagliari, resmi ditunda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar