Sabtu, 16 Juli 2011

Nike Ikut Bermain Dalam Transfer Wesley Sneijder dari Inter ke Manchester United



Perusahaan apparel raksasa Nike disebut-sebut turut bermain dalam proses transfer Wesley Sneijder senilai £35,2 juta ke Manchester United.

Nike telah mengontrak Sneijder sebagai ikon mereka, dan perusahaan asal Amerika Serikat ini sudah siap masuk, dan membayar prosentase gaji Sneijder untuk memuluskan transfer ke Old Trafford.

Hal serupa pernah dilakukan Nike ketika 'memindahkan' Ronaldo dari Barcelona ke Inter. Sedangkan rival mereka, Adidas yang menjadi sponsor Real Madrid, terlibat dalam transfer Cristiano Ronaldo dan David Beckham ke Santiago Bernabeu.

United sudah berusaha mengamankan kontrak Sneijder pada pekan ini. Ketua eksekutif David Gill tidak ikut dalam tur pra musim Setan Merah ke Amerika Serikat, untuk menuntaskan pembicaraan dengan pejabat Inter di Milan.

United mengindikasikan bakal menyanggupi permintaan transfer yang diajukan Inter sebesar £35,2 juta. Namun negosiasi menemui hambatan, karena permintaan pribadi Sneijder. Kubu Sneijder meminta gaji £200 ribu per pekan, tapi United keberatan bila harus mengeluarkan gaji di atas £170 ribu setiap pekan.

Walau Sir Alex Ferguson kemarin menegaskan 'tidak ada ketertarikan terhadap Wesley Sneijder saat ini dengan berbagai alasan', seorang sumber menyebutkan, negosiasi masih terus berjalan.

Sneijder sebelumnya pernah mengungkapkan keinginan hijrah ke Old Trafford, dan Ferguson mau menjadikan pemain berusia 27 tahun itu sebagai teka-teki akhir bursa transfer United.

Di lain sisi, pelatih Inter Gian Piero Gasperini menilai Sneijder tidak cocok dengan kebutuhan tim, karena dia sedang mempersiapkan skema baru 3-4-3 untuk musim depan.

United telah menghilangkan Paul Scholes, Gary Neville, Owen Hargreaves, Edwin van der Sar, Wes Brown dan John O'Shea dalam daftar gaji pemain, tapi mereka kedatangan David de Gea, Ashley Young dan Phil Jones. Mengingat bunga utang sebesar £45 juta setiap tahunnya yang harus mereka bayar, United tidak memiliki dana melimpah seperti Manchester City maupun Chelsea.

Terlepas dari itu semua, pejabat senior Nike sangat menginginkan Sneijder hijrah ke Old Trafford, karena mereka membidik pemasaran di timur jauh dan Amerika Latin untuk melampaui Inter, yang juga disponsori perusahaan apparel itu. Harapan tersebut ditumpukan kepada Sneijder.

Belakangan ini, sudah menjadi kebiasaan bagi sponsor besar ikut bermain dalam transfer marquee player.

“Jika Nike menginginkan Anda pindah, maka Anda akan pindah. Nike menginginkan Sneijder ke Manchester United, karena akan membuat mereka mudah menjadikan dia sebagai ikon pemasaran,” ujar sumber yang mengetahui detil negosiasi itu.

“Bila United hanya membayar gaji yang sama seperti yang diterima [Wayne] Rooney, akan ada jurang antara yang mereka inginkan dan yang dikehendaki pemain. Nike akan menutup jurang itu.

“Situasi ini sama dengan yang pernah dilakukan Adidas ketika mereka membeli Cristiano Ronaldo dan Beckham. Ketika para pemain papan atas pergi ke Real Madrid, Adidas selalu terlibat dalam masalah keuangan.”

Kebetulan Nike telah membuka pembicaraan dengan United mengenai perlengkapan baru untuk menggantikan kontrak £23,5 juta per tahun. Pembaharuan kontrak itu belum lama ini sudah dilakukan dengan timnas Prancis dan Barcelona.

Sementara itu, Nike telah memberikan pernyataan yang berbunyi 'Wesley Sneijder bermain untuk Manchester United dan memakai Nike T90 Laser III'.

[goal.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar